Kebutuhan Posyandu Maksimal, Partisipasi Lansia Meningkat

Pos Layanan Terpadu Lanjut Usia (Posyandu Lansia) Gampong Seuneubok Rawa Kecamatan Peusangan rutin diadakan setiap bulan. Pelayanan kesehatan bagi masyarakat lanjut usia tersebut mulai dilaksanakan pada akhir tahun 2018.

Menurut penjelasan ketua kader Nuhafna kepada Jurnalis Warga saat kegiatan berlangsung di Meunasah setempat (15/6), partisipasi warga sangat minim diawal kegiatan berlangsung. Hal tersebut dikarenakan kurangnya fasilitas Posyandu, hanya mengandalkan perlengkapan yang dibawa oleh petugas Puskesmas.

"Dua bulan pertama diakhir tahun 2018 tidak banyak masyarakat yang hadir karena fasilitas posyandu belum terpenuhi dengan baik. Kita hanya memanfaatkan fasilitas seadanya dari petugas puskesmas."Jelas Nurhafna

Pada tahun 2019, Pemerintah Gampong Seuneubok Rawa telah menganggarkan dana desa senilai 15 juta untuk kegiatan Posyandu Lansia.

"Mulai Januari 2019 kita sudah mampu memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat yang hadir ke posyandu, karena dana desa telah menanggung semua yang dibutuhkan seperti, stik kolesterol, glukosa, asam urat, PMT, dan fasilitas lainnya," Lanjut Nurhafna.

Hal tersebut membuat partisipasi masyarakat meningkat secara bertahap setiap bulan. Saat ini sudah mencapai 50 orang yang hadir pada kegiatan tersebut.

"Alhamdulillah, saat ini sudah banyak warga yang hadir. Bulan ini sudah mencapai 50 orang yang hadir, sangat berbeda dari awal diadakan posyandu yang hanya lima sampai sepuluh orang yang hadir," ungkapnya.

Nafsiah (60) salah satu lansia mengemukakan alasannya sering hadir ke posyandu dalam beberapa bulan ini.

"Dulu saat posyandu stik untuk cek kolesterol, gula, dan asam urat sangat terbatas. Setiap kegiatan hanya tiga orang yang diperiksa, selebihnya harus menunggu bulan depan lagi. Hal tersebut membuat kami malas datang. Berbeda dengan sekarang, kita mau cek apa saja sudah bisa dan diberikan PMT baik susu maupun makanan lainnya yang berprotein, jadi membuat kita lebih semangat untuk datang," kata Nafsiah.

Jurnalis Warga/Jummi Yanti

Related Posts:

0 Response to "Kebutuhan Posyandu Maksimal, Partisipasi Lansia Meningkat"

Posting Komentar