Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


OSIS SMAN 1 Simpang Mamplam, Dibekali Ilmu Jurnalistik dan Demokrasi

 

Pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA Negeri 1 Simpang Mamplam yang baru saja dilantik, mengikuti Latihan Kepemimpinan Siswa (LKS) yang mengusung tema “the Power of Generation”. Kegiatan tersebut diselenggarakan selama tiga hari, mulai 3 s.d 5 November 2022 di LAB MIPA sekolah setempat.

Hari terakhir LKS pada Sabtu (5/1/2022) mereka dibekali dengan materi tentang tentang ilmu Jurnalistik dan membangun budaya Demokasi di sekolah. Pihak sekolah mendatangkan dua narasumber, yaitu Nurulyana dari komunitas Daweut Apui/ Jurnalis Warga Bireuen dan Chandra Rizki dari Generasi Demokrasi Resiliensi (DemRes).

Nurulyana, mengatakan ilmu jurnalistik sangat dibutuhkan di sekolah, karena sangat penting untuk mempublikasikan segala ativitas di sekolah, bahkan karya dari siswa dan guru. Namun dengan harapan tetap menjaga independensi dan akurasi. Dirinya juga menyinggung agar hati-hati dengan berita hoaks (bohong).

“teman-teman harus melestaikan budaya literasi. Bahkan harus aktif memberikan informasi tentang sekolah kepada pihak luar, dan itu harus dimulai dengan menulis” ujar gadis yang akrab disapa dengan Dek Yun.

Dirinya juga mengulas beberapa materi tentang jurnalistik, tips untuk semangat menulis, dan juga memberikan tugas pada siswa untuk menulis berita dan langsung dibedah pada saat kegiatan, agar siswa bisa melihat berita yang sesuai dengan kaidah jurnalistik. Pada kesempatan tersebut, Ulfa Nazira, terpilih menjadi peserta dengan penulisan berita terbaik.

Sementara itu, Chandra Rizki, memaparkan terkait bagaimana seharusnya membangun budaya berdemokrasi di lingkungan sekolah. Chandra juga sesekali menyelingi dengan beberapa game dan ice breaking. Peserta terlihat antusias.

Ketua OSIS terpilih, Naila Zubaidah, mengatakan sangat terkesan. Materinya disampaikan dengan sederhana dan santai, sehingga mereka mudah dalam memahaminya.

“saya senang mengikuti dua materi hari ini, kakak-kakak pematerinya keren, santai tapi banyak ilmu yang kami dapatkan. Suasana juga tidak monoton, jadi kami nggak ngantuk”, ujarnya sambil tertawa.

Sementara itu, Kepala Sekolah, Hasan Basri, S.Pd.,MM, didampingi Zahara, S.Pd selaku Pembina OSIS, saat bersilaturahmi di ruangannya, mengucapkan terimakasih kepada tim dari GeRAK Aceh, Daweut Apui, SAK dan Generasi DemRes telah mendatangi sekolah mereka dan saling berbagi pengetahuan.

“terimakasih atas kedatangannya, karena ini akan menjadi bekal untuk anak-anak kami disini, agar faham tentang demokrasi dan meningkatkan budaya literasi”, ungkapnya.

Bahkan pihak sekolah sangat welcome, berharap tidak berhenti sampai disini. Dirinya menambahkan “semoga terus berkelanjutan dan kita bisa saling berkolaborasi,” harapnya.

Peserta kegiatan LKS ini dihadiri sebanyak 27 siswa, dari unsur pengurus OSIS SMA Negeri Simpang Mamplam. [Akmal/ Jurnalis Warga Bireuen]

Posting Komentar

0 Komentar