Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Keluarga Haryadi, Butuh Rumah Layak Huni.

 


KabarJW- Sungguh sangat memprihatinkan kondisi tempat tinggal Haryadi (43), warga gampong Pante Peusangan, Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen. Saat tim Jurnalis Warga (25/5/2024) mendatangi kediamannya, terlihat sebuah bengkel sederhana dan ada tempat yang disebut “rumah” yang selama ini mereka tempati.

“Ini bengkel teman saya, yang diamanahkan untuk saya kelola. Disini saya dan keluarga tinggal, sebenarnya tidak layak disebut rumah.” Ujarnya sambil tersenyum.

Sebagai tulang punggung keluarga, dan memiliki tanggungan enam orang di rumah tersebut, dirinya merasa tidak bisa memberikan yang terbaik untuk keluarga tercinta. Namun apa daya, kondisi keuangan mereka tidak menentu.

“Dapat rezeki untuk makan dan jajan anak saja sudah cukup, kami sangat berharap ada bantuan agar kami memiliki rumah yang layak.” Pintanya.

Amatan tim, ruangan tersebut sangat sempit. Hanya ada satu ruang yang berlantaikan tanah digunakan untuk semua aktivitas seperti memasak, tidur, sekaligus ruang tamu. Begitu pula kamar mandi seadanya berdindingkan terpal, tanpa adanya toilet.

Nursida (40) istri dari Haryadi, mengaku, jika musim hujan mereka meyediakan ember untuk menampung air, karena atapnya bocor.

“Ya seperti inilah kondisinya, kami sudah tinggal disini selama lima tahun. Semoga suatu saat kami mempunyai rumah yang layak huni.” Ungkapnya,

Saat ini mereka menempati lahan tetangga yang disewa. 

“Tapi seandainya ada bantuan rumah, kami akan berusaha menyewa lahan wakaf atau melakukan upaya lainnya sehingga kami bisa memiliki rumah”. Tambahnya kemudian.

Sedangkan saat diwawancarai, Keuchik Gampong Pante Peusangan, melalui Sekretaris Desa (Sekdes), Sudirman, ikut berharap ada bantuan rumah dari pemerintah untuk Haryadi.

“Mereka sangat layak untuk mendapatkannya. Kami dari pihak perangkat gampong sudah berupaya, namun tidak bisa dilakukan karena Haryadi tidak memiliki lahan untuk dibangun rumah layak huni tersebut”. Ujarnya.

 

[Penulis: Ziaurrahmah/ Jurnalis Warga]


Posting Komentar

0 Komentar