Lembaga Pelatihan Swasta dan Pemerintah Ikuti Pelatihan Metedologi Instruktur



Banda Aceh- Sebanyak 22 instruktur dari Lembaga Pelatihan Swasta dan Pemerintah mengikuti kegiatan Pelatihan Metedologi Instruktur. Pelatihan ini diadakan di Balai Latihan Kerja Banda Aceh untuk melatih instruktur dalam proses merencanakan, membuat, serta menyajikan materi pelatihan yang baik. Kamis (29 Agustus 2019).

Dalam kegiatan ini ada dua narasumber yang memberikan materi yaitu dari Balai Besar Pengembangan Produktivitas (BBPP) Bekasi yaitu Giant Yekti Widodo, M.Pd., M.A dan Supadmi yang melatih dan membimbing  beberapa kode unit yang dibutuhkan oleh seorang instruktur di lembaga pelatihan.

Dalam penyampaian, Giant menyampaikan untuk menjadi instruktur tentu dibutuhkan beberapa hal dalam menunjang kreativitas dan juga produktivitas sebagai komponen utama untuk menghasilkan peserta didik yang kompenten dan bernilai saing global.

Ia juga menyampaikan bahwa hal ini tentu ini tidak mudah, maka diperlukan sebuah pelatihan dimana para instruktur ini dilatih dengan berbagai unit kompetensi. Diantaranya adalah merencanakan penyajian pelatihan atau menyusun silabus pembelajaran yang nantinya digunakan dalam melaksanakan penyajian materi (face to face). Selain itu instruktur diberikan tugas untuk menulis sebuah artikel berdasarkan kode unit yang dipilih tentunya berdasarkan latar kejuruan yang ditempuh. Setiap instruktur juga harus bisa mengoperasikan komuter tingkat dasar, seperti Microsoft word, Excel dan PowerPoint. Setelah itu mereka juga dibina dalam cara mengelola bahan dan peralihan pelatihan yang dibutuhkan.

Ade Hilmawan (35) Instruktur Technical Support/ Perakitan Komputer  mengatakan materi yang disampaikan sangat bermanfaat karena bisa diaplikasikan pada pelatihan yang akan dilaksanakan nantinya sekembali ke tempat tugas.

“Perlengkapan dan kebutuhan peserta juga lengkap jadi sangat membantu dalam proses belajar” pungkasnya kembali.
Selain mengikuti rangkaian kegiatan berdasarkan jadwal yang telah disusun, kegiatan ini juga akan dipersiapkan untuk mengikuti Ujian Kompetensi di akhir kegiatan.

Syafiani/JW

Related Posts:

0 Response to "Lembaga Pelatihan Swasta dan Pemerintah Ikuti Pelatihan Metedologi Instruktur"

Posting Komentar