Jurnalis Warga Bireuen Resmi Launching



Bireuen- Jurnalis Warga Bireuen resmi di Launching. kegiatan ini dilakasanakan oleh Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) melalui Koordinator Jurnalis Warga (KJW) Bireuen. Kegiatan ini berlangsung di ruang Opproom lantai dua Kantor Bupati Bireuen. (Jumat (23/8).
Jurnalis warga ini terbentuk kerena program PPMN sejak lima tahun. PPMN telah menyelenggarakan progam jurnalisme warga di puluhan Kabupaten dan belasan Provinsi di Indonesia. Pada tahun 2017, PPMN telah menerapkan progamnya pada tiga Kabupaten di Aceh, yaitu Bireuen, Aceh Barat dan Bener Meriah.

“Kegiatan ini dilakukan secara bertahap, bukan hanya Aceh tapi seluruh Indonesia mendapatkan program untuk mengembangan jurnalis warga. Namun pada tahun 2019, Aceh mendapatkan kepercayaan kembali untuk program ini dan hanya satu kabupaten yaitu Bireuen.” Ungkap Nurmalis.

Ia juga menambahkan bahwa Jurnalis Warga (JW) menjadi jembatan atau sarana untuk menyampaikan aspirasi masyarakat kepada publik dan juga pihak pemerintah. Dengan adanya JW, informasi-informasi di gampong bisa disampaikan ke media sosial. Pada tahun 2019 ini, JW sudah mempunyai website sendiri, yaitu kabarjw.com. Dengan adanya jurnalis menulis terkait program-program yang ada di gampong, maka tidak ada lagi yang tersembunyi.

Dalam launching tersebut, ada tiga narasumber yang memberikan materi sebagai penguat jurnalis warga yaitu Rita Suhana, S. Sos., MSM Kabid Pengelolaan Opini dan Aspirasi Publik dari Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Bireuen, Murdeli anggota PWI Bireuen, dan Erry Seprinaldi, SSTP, S.Sos, M.Si Camat Peusangan.

Adapun materi yang disampaikan yaitu mengenai pentingnya Kelompok Informasi Gampong (KIG). KIG ini merupakan kelompok yang dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif yang aktivitasnya melakukan pengelolaan informasi dan pemberdayaan nilai tambah.

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh dinas-dinas kabupaten Bireuen, Kapolres Bireuen, wartawan Bireuen, Forum penulis Bireuen (FAMe), Lembaga Pers Mahasiswa Suara Almuslim (LPM SA), Jurnalis Warga Peusangan, Gandapura dan Simpang Mamplam, kemudian perangkat gampong serta tamu undangan lainnya.

Athlia Anissa/ JW Bireuen

Related Posts:

0 Response to "Jurnalis Warga Bireuen Resmi Launching"

Posting Komentar