Gampong Cot Nga dinobatkan sebagai "Desa Bebas Buang Air Besar Sembarangan".

 


Gampong Cot Nga merupakan salah satu gampong di Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen. Gampong yang letaknya tidak jauh dari jalan lintas Nasional ini merupakan salah satu gampong yang memprioritaskan kesehatan masyarakat.

Berdasarkan informasi dilapangan juga diketahui bahwa tidak ada masyarakat yang mengalami penyakit menular seperti TBC, Stunting, maupun gizi buruk. Bahkan pada Tahun 2018 Gampong Cot Nga dinobatkan sebagai "Desa Bebas Buang Air Besar Sembarangan".

Prestasi tersebut disampaikan oleh Bupati Bireuen H. Saifannur S.Sos, bertepatan pada Hari Kesehatan Nasional. Cot Nga merupakan satu-satunya desa dari 31 desa yang ada di wilayah Puskesmas Cot Ijue, yang mendapatkan prestasi tersebut. Penobatan tersebut salah satu kriterianya adalah semua masyarakat telah memili  toilet yang layak untuk digunakan dan sesuai dengan standar.

Syahrial selaku Keuchik Gampong Cot Nga menyampaikan bahwa Dana Gampong adalah dana yang diperuntukkan untuk masyararakat, sehingga pembangunan maksimal akan selalu kami upayakan. Karena pembangunan gampong tidak hanya selalu fokus dengan pembangunan fisik saja, tapi bagaimana kemudian juga mengakomodir kebutuhan layanan dasar masyarakat.

“kita berharap prestasi tersebut akan selalu bisa diperrtahankan, ini bukan hanya menjadi kewajiban dari aparatur untuk peduli isu kesehatan, tapi diperlukan upaya gerakan bersama untuk saling menjaga”, ungkap.


Penulis : Zahratun Nabila (JW)

Related Posts:

0 Response to "Gampong Cot Nga dinobatkan sebagai "Desa Bebas Buang Air Besar Sembarangan"."

Posting Komentar