Jurnalis Warga Bireuen Ikuti Pelatihan Jurnalistik



Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) mengadakan pelatihan jurnalistik kepada Jurnalis Warga (JW) di kabupaten Bireuen, bertempat di Aula BAPPEDA Bireuen. Rabu (7/4)

Murni selaku Koordinator JW saat pembukaan kegiatan, menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat dibutuhkan agar JW bisa memanfaatkan sebaik mungkin potensi yang dimiliki, untuk memberikan kontribusi dalam perbaikan pelayanan publik di Kabupaten Bireuen melalui karya jurnalistik mereka. 

Adapun tujuan dari kegiatan ini yaitu bertujuan untuk meningkatkan pemahaman jurnalis warga tentang peran dan fungsi tentang jurnalisme warga. Selain itu juga meningkatkan kemampuan dalam menulis berita sesuai kaidah jurnalistik dan meningkatkan kemampuan dalam pemanfaatan sosial media untuk mewartakan sesuatu yang berkenaan dengan pelayanan publik. Tidak luput juga untuk mendorong terciptanya pelayanan publik yang berkualitas lewat karya jurnalistik.

Narasumber yang dihadirkan pada saat pelatihan yaitu Ariadi B. Jangka (Pembina PWI), Ihkwati Hanafiah (Redaktur Pelaksana PT. KabarBireuen.com) dan Muhajir Juli (CEO PT. aceHTrend.co). Para wartawan senior ini membawakan materi tentang jurnalistik dan kontribusi JW dalam mendorong perbaikan layanan publik di kabupaten Bireuen.

Muhammad Dian salah satu JW dari kecamatan Juli menyampaikan banyak sekali mamfaat yang didapatkan selama pelatihan, karena mengulas panjang lebar tentang ilmu dasar jurnalisme, mulai dari cara menulis yang baik dan benar serta etika jurnalistik yang harus dimiliki oleh setiap para pewarta. Bahkan sejauh mana kontribusi JW dalam mendorong transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik. Semua dirangkum dengan sempurna oleh para narasumber yang expert di bagiannya masing-masing.

“yang paling saya ingat adalah semua bisa menjadi jurnalis, asalkan ada kemauan. Namun tidak semua jurnalis memahami Kode Etik Jurnalistik, bahkan jurnalis senior sekalipun sering kelabakan dengan etika tersebut. Jadi sebagai JW saya harus lebih berani, tapi juga harus memahami aturan. Intinya kami harus menjadi jurnalis yang cerdas” Ujar lelaki yang kerap disapa Dian dengan penuh semangat.


Penulis : Rahmadsyah Harahap dan Andri Kurniawan (JW)


Related Posts:

0 Response to "Jurnalis Warga Bireuen Ikuti Pelatihan Jurnalistik"

Posting Komentar