Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



Layani Bumil dan Balita, Gampong Cot Geulumpang Baroh Rutin Lakukan Posyandu

 

Masyarakat gampong Cot Geulumpang Baroh, Kecamatan Jeunieb, Kabupaten Bireuen selalu antusias mengikuti Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di gampong mereka. Kegiatan tersebut rutin dilakukan setiap bulannya. Jumat (23/4)

"Posyandu Balita dan ibu hamil hari ini di laksanakan di Polindes. Posyandu dilakukan dengan tujuan agar ibu hamil dan anak-anak di desa tersebut mendapat pelayanan kesehatan yang memadai dan terkendali". Ungkap Yuli Yanzila selaku Ketua Posyandu gampong setempat.

Dalam kegiatan posyandu hari ini, mereka  membagikan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk ibu-ibu hamil dan anak-anak balita. Seperti sayuran dan buah-buahan.

Yuli menambahkan karena sedang bulan Ramadhan, maka mereka diberikan PMT yang belum dimasak, agar mereka bisa mengolahnya sendiri.

Posyandu merupakan kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Posyandu merupakan salah satu Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM). Jadi, Posyandu merupakan kegiatan swadaya dari masyarakat di bidang kesehatan dengan penanggung jawab kepala desa

Posyandu dimulai terutama untuk melayani balita (imunisasi, timbang, dan berat badan) dan orang lanjut usia atau disebut Posyandu Lansia.

                                                 

Aktivitas tersebut tercetus melalui Surat Keputusan Bersama antara Menteri Dalam Negeri RI (Mendagri), Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Ketua Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan dicanangkan pada sekitar tahun 1986.

Posyandu dikembangkan atas prakarsa Presiden Soeharto pada tahun 1984, Posyandu dulu pernah menjadi kebanggaan rakyat. Setiap bulannya, rakyat berbondong-bondong mendatangi Posyandu yang dikelola berbasiskan komunitas. Dalam kegiatan tersebut di hadiri langsung oleh bidan desa setempat yang melayani peserta posyandu dengan senang hati dan penuh suka cita.


Penulis : Syibran Malasi Idris (JW)

Posting Komentar

0 Komentar