Dengarkan Keluhan Layanan Publik, Pemerintah Siap Bermitra dengan Komunitas "Daweut Apui" Bireuen

 


Bireuen- Komunitas Daweut Apui yang merupakan kumpulan Jurnalis Warga Bireuen sampaikan keluahn warga, pada workshop Workshop dengan multi pihak dan stake holder. Jumat (27/08/2021)


dr. Irwan Agani selaku Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Bireuen mengapresiasi kinerja jurnalis warga, yang telah memberikan banyak informasi kepada mereka sebagai pengambil kebijakan dan bersedia untuk menerima keluhan dan kritikan warga terkait isu pelayanan kesehatan di kabupaten Bireuen.

“kami memang belum maksimal, dan terus berupaya memberikan yang terbaik untuk publik. Tentunya kami membutuhkan warga yang menyampaikan persoalan dengan cara yang bijak, ini adalah langkah awal untuk kita bersinergi dan berkolaborasi. Beberapa temuan dari jurnalis warga akan segera di tindaklanjuti sesuai dengan kemampuan kami,” ujar dr. Irwan yang merupakan satu-satunya kepala dinas yang hadir pada kegiatan tersebut.

Selain itu Alfian, M. Pd yang mewakili dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bireuen mengatakan hal senada, dan berharap informasi yang diberikan di kanal informasi jurnalis warga Bireuen tidak hanya perihal negatif saja, tapi juga informasi positif yang bermamfaat bagi masyarakat.

Semisal adanya bantuan beasiswa yang diberikan kepada siswa berprestasi, hal tersebut tidak hanya diberikan kepada pendidikan formal tapi juga informal (dayah). Juga beberapa penghargaan dan program di Disdikbud yang patut diketahui oleh publik. Disisi lain Alfian mengaku juga mengakui masih ada kekurangan formasi guru dan kepala sekolah, begitu pula masih adanya sekolah terpencil di kabupaten Bireuen yang membutuhkan perhatian, dan perihal lainnya.  

“perlu banyak pihak untuk meningkatkan kualitas Pendidikan di kabupaten Bireuen, dan kami dari pemerintah juga tidak tinggal diam untuk itu. Banyak hal baik yang sudah kami lakukan, tapi kami juga tidak mengingkari masih banyak hal yang harus kami benahi. Sehingga membutuhkan kerjasama dari banyak pihak, termasuk jurnalis warga untuk mengawasi pelayanan publik”, pungkasnya kemudian.


Murni M. Nasir selaku Koordinator “Daweut Apui” menyatakan selalu siap berkolaborasi dan membangun sinergisitas dengan pemerintah daerah, tapi tetap mempertahankan idealisme dan terus memperjuangkan hak warga yang selama ini belum terpenuhi dengan baik.

“program jurnalisme warga siap bekerjasama dengan siapa pun, tapi kami tetap kritis pada mendorong transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik,” tegas Murni mengakhiri pembicaraannya.

 

Penulis : Rahmadsyah Harahap (Jurnalis Warga)

Related Posts:

0 Response to "Dengarkan Keluhan Layanan Publik, Pemerintah Siap Bermitra dengan Komunitas "Daweut Apui" Bireuen"

Posting Komentar