Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Minimnya Kesadaran Menjaga Lingkungan, Masyarakat Buang Sampah Sembarangan

 

Bireuen- Kesadaran sebagian masyarakat untuk menjaga lingkungan tampaknya masih minim, terlihat masih ada orang yang membuang sampah sembarangan, tepatnya di Gampong Paya Cut, Kecamatan Peusangan, kabupaten Bireuen. Sampah rumah ini tangga ini diduga dibuang masyarakat sekitar maupun pengguna jalan yang melintas. Rabu. (27/10/2021).

Sampah-sampah rumah tangga mendominasi di lokasi ini, seperti kantong plastik, bekas botol minuman, bekas popok bayi, sedotan plastik yang beserakan di sisi jalan hingga disepantaran irigasi.

Tumpukan sampah ini mengeluarkan aroma tak sedap, yang membuat pengguna jalan tak nyaman ketika melintas dilokasi tersebut, khususnya saat musim hujan. Air yang tergenang dan bau yang menyengat, bisa menjadi sumber penyakit.

Suhaimi salah satu mahasiswa di Universitas Almuslim, mengeluhkan kebiasaan masyarakat yang tidak menjaga lingkungan. Dirinya yang sering melewati area tersebut, berharap adanya perhatian dari banyak pihak. Sehingga prilaku hidup bersih lebih diutamakan, dan sampah tersebut segera teratasi.

“mereka menganggap sepele, padahal itu bisa menjadi salah satu sumber penyakit dan ketidaknyamanan pelintas jalan. Kita semua mempunyai tanggungjawab untuk peduli dengan lingkungan. Sekaligus adanya sanksi tegas bagi pelaku, termasuk peran pemerintah dalam penanggulangan hal tersebut," ujarnya.

Selain itu Deky Ramdhani juga merupakan salah satu mahasiswa Universitas Almuslim Peusangan, mengeluhkan hal serupa, terkait dengan kebiasaan buang sampah sembarangan di lingkup kampus.

“kita kaum terpelajar, tapi kebiasaan sebagian dari kita, ikut membuang sampah sembarangan. Prilaku tersebut sungguh tidak patut ditiru, kita harus mencegah kebiasaan buruk tersebut dimulai dari sendiri.” ujar lelaki yang akrab disapa Deki.

 

Penulis : Halimatul Sakdiah/ Jurnalis Warga

Posting Komentar

0 Komentar