Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


JW Bireuen Duek Pakat Bersama warga Blang Tingkeum

 

Bireuen- Jurnalis Warga (JW) yang tergabung dalam Komunitas Daweut Apui Bireuen, laksanakan kegiatan duek pakat (musyawarah) di Gampong Blang Tingkeum, Kecamatan Kota Juang, Bireuen, Minggu (11/09/2022.

Murni M Nasir selaku koordinator Jurnalis Warga Kabupaten Bireuen, menyampaikan ada beberapa hal perlu diperhatikan saat pelaksanaan musrenbangdes, agar dapat menampung semua aspirasi kelompok rentan baik dari kalangan kaum miskin, maupun penyandang disabilitas.

Murni menekankan perlunya pelibatan aktif stakeholder dari kalangan rentan dan lemah. Karena mereka juga membutuhkan ruang partisipasi agar dapat menyampaikan aspirasinya.

Murni juga meminta Keuchik Blang Tingkeum juga mempersiapkan dengan baik sistem administrasi kependudukan, dengan cara membentuk Petugas Registrasi Gampong (PRG). Keberadaan PRG sangat dibutuhkan, dengan harapan setiap informasi awal sudah selesai di level desa. Sehingga warga yang berkebutuhan dengan dokumen, tidak bolak-balik ke dinas terkait.

Sumber dana untuk membentuk PRG, menurut Murni dapat dialokasikan melalui Dana Desa Gampong Blang Tingkeum. Dengan total APBG Rp800 juta per tahun, Gampong sangat memungkinkan untuk melakukan hal tersebut..

Pihak Jurnalis warga juga mendorong adanya pendataan update dan akurat tentang data penyandang disabilitas dan anak putus sekolah, agar mendapatkan intervensi dari Bappeda dan dinas terkait lainnya.

Keuchik Blang Tingkeum Suwardi menjelaskan warganya rata-rata berada pada level ekonomi menengah ke bawah. Rerata bergerak pada sektor pembuatan batu bata merah, yang tidak laku setiap hari.  Sehingga menyebabkan ekonomi mereka kembang-kempis, dan anak-anak mereka terpaksa putus sekolah.

“Untuk kebutuhan-kebutuhan seperti yang kita bincangkan tadi, saya akan rembug kembali dengan Tuha Peut Gampong Blang Tingkeum. Saya siap melaksanakan aturan yang ditetapkan di tingkat kabupaten dan disesuaikan dengan kebutuhan gampong,” katanya. [Afrizal/ Jurnalis Warga]

Posting Komentar

0 Komentar