Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Balai Bahasa Aceh Disambut 17 Komunitas di Bireuen

 


KabarJW - Balai Bahasa Provinsi Aceh melakukan kunjungan sekaligus silaturrahmi, kepada komunitas literasi di Kabupaten Bireuen, yang diadakan di sekretariat Sekolah Anti Korupsi (SAK), yang beralamat di jalan kampus timur Universitas Almuslim (Umuslim), Selasa (04/04/2023).

Kunjungan tim Balai Bahasa Aceh tersebut, disambut 17 komunitas yang memiliki fokus pada pengembangan literasi di Aceh, khususnya di Bireuen.

Amatan KabarJW, acara itu turut dihadiri para pegiat literasi, yang telah lama berdedikasi dalam mengembangkan kegiatan literasi dikalangan masyarakat Bireuen.

Dalam pertemuan ini, mereka juga berkesempatan untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman mengenai upaya pengembangan literasi di komunitas masing-masing.

Balai Bahasa juga disambut positif oleh peserta yang mengaku senang bisa bertemu dan berinteraksi dengan sesama pegiat literasi. Mereka berharap kegiatan ini dapat memperkuat kerja sama antar organisasi dalam mengembangkan program literasi di Bireuen.

Kepala Balai Bahasa Aceh, Drs. Umar Solikhan, M. Hum dalam kesempatan tersebut mengaku, kunjungan pihaknya ke Bireuen merupakan bentuk dukungan terhadap upaya pengembangan literasi.

Ia mengatakan, perkumpulan komunitas pegiat literasi dapat terus berkolaborasi dalam membangun budaya literasi yang lebih baik di Kabupaten Bireuen.

"Pertemuan ini juga berhasil menghasilkan beberapa kesepakatan, diantaranya akan diadakan Bimbingan Teknik (Bimtek) setiap bulan. Kemudian, bekerja sama dalam mengadakan kegiatan literasi, serta akan peningkatan akses masyarakat terhadap literasi melalui program-program yang diselenggarakan oleh masing-masing organisasi," ujar Umar.

Ia juga berharap, dengan adanya perkumpulan komunitas pegiat literasi ini, dapat membawa manfaat positif bagi masyarakat Bireuen dalam meningkatkan minat baca dan menulis, serta membangun budaya literasi yang lebih baik.

Peserta yang hadir yaitu dari komunitas literasi Bireuen, kelas bahasa isyarat, Daweut Apui/ Jurnalis Warga Bireuen, Generasi DemRes, Sekolah Anti Korupsi (SAK) Bireuen, Lapak Baca, TBM Balai Baca, Global Link Student (GLS), Gemar  Batu (SDN 12 Bireuen), Rumah Baca, Gampong Meubaca, Pengawas sekolah, SABIR, Komlit mahasiswa PGSD, GSMB Nyalanesia, Rangkang Sastra, dan TBM GUAHIRA.

[Penulis : M. Yaziz/ Jurnalis Warga Bireuen]


Posting Komentar

0 Komentar