Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Reza Maulana, Disabilitas Daksa Ikuti Youth Camp Pemilih Pemula

 


KabarJW- Reza Maulana (21) adalah disabilitas daksa, yang beralamatkan di Gampong Meuse, Kecamatan Kuta Blang, Kabupaten Bireuen.

Ia merupakan salah satu dari 20 peserta Kemah Pemuda (Youth Camp), yang diselenggarakan oleh Gerakan Anti Korupsi (GeRAK) Bireuen, di Takengon pada 16-18 Januari lalu.

Pada kegiatan yang mengusung tema “Pemuda Bersatu: Ta Jaga Demokrasi, Bireuen Meusyuhu”, Reza merupakan salah satu dari empat disabilitas yang diikutsertakan menjadi peserta pemilih pemula.

Reza begitu semangat dan aktif, dia tidak pernah mengeluh dengan kondisinya. Seluruh rangkaian kegiatan, diikutinya tanpa kendala. Sesekali dia duduk di kursi roda, lain waktu lesehan bersama peserta lainnya.


Saat diwawancarai oleh Kabarjw.com pada Jum'at (19/01/2023), Reza mengaku meningkatnya pemahaman terkait kepemiluaan dan demokrasi, khususnya mengenai Pemilu bersih dan inklusi.

“sebelumnya saya hanya tau Pemilu itu sekedar memilih Presiden dan DPR, padahal kita juga punya peran untuk ikut mengawasi Pemilu. Bahkan saya juga baru tau kami disabilitas, punya hak untuk memilih dan dipilih.” Tandas Reza.

Reza yang hari pertama sempat didampingi oleh orang tuanya, juga ingin menunjukan bahwa disabilitas bukan lah sebuah keterbatasan. 

Fakriah (52) ibunya menyampaikan kepada Kabarjw.combahwa dirinya sangat bahagia melihat anaknya dilibatkan dalam kegiatan Youth Camp ini. Terlebih, ini pertama kalinya Reza mengikuti kegiatan diluar rumah.

“Saya sangat terharu, langsung melihat anak saya beinteraksi dengan teman-teman baru yang tidak pernah ditemuinya selama ini. Bahkan Reza tidak diperlakukan berbeda,  semua saling membantu dan peduli”, ujarnya dengan mata berbinar.


Dirinya yang sempat khawatir, membiarkan Reza ikut Youth Camp, akhirnya bisa bernafas lega dan berkata “terimakasih telah memberikan ruang aman dan nyaman kepada anak kami, ini moment yang tidak akan pernah kami lupakan”, ucapnya lirih.

 

Penulis : Afrizal/ Jurnalis Warga Bireuen


Posting Komentar

0 Komentar