Mengembangkan Kapasitas JW Melalui Mentoring Rutin

BIREUEN- Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) kembali adakan mentoring reguler bagi Jurnalis Warga (JW). Kegiatan ini dilaksanakan di MK Coffe Shop Matang Sago. (Selasa, 02/6/2019).

Pada pertemuan kali ini, Mukhlis Aminullah Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), berbagi sedikit ilmu berkaitan dengan pembangunan desa dan pendidikan jurnalistik kepada JW Bireuen. 

"Banyak hal yang dapat diangkat menjadi berita mengenai pembangunan desa, bukan hanya anggaran desa namun juga hal-hal yang menjadi motivasi bahkan produk unggulan yang dihasilkan oleh masyarakat. Inilah tugas jurnalis warga yang dibentuk dari desa masing-masing" ungkap Mukhlis.

Ia juga menambahkan bahwa menjadi jurnalis warga merupakan langkah awal untuk terlibat dalam kegiatan pembangunan gampong. Selain itu, sebagai Jurnalis Warga dalam menulis harus lebih memperhatikan bahasa dan penggunaan kata-kata sesuai kaedah Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Dalam kegiatan ini, Nurmalis koordinator JW Bireuen juga ikut memberi arahan dan bimbingan kepada seluruh peserta yang hadir dari lima gampong, yaitu Teupin Siron, Gampong Raya Tambo, Tanjong Paya, Cot Rabo Baroh dan Seuneubok Rawa. 

"Jurnalis Warga ini sebenarnya sudah bisa mengikuti dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang ada di gampong, termasuk rapat dan segala macamnya supaya terbuka wawasan terhadap pembangunan gampong." Tegas Nurmalis.

Kegiatan ini akan dilaksanakan rutin setiap minggunya dan menjadi ajang evaluasi bagi kinerja JW sendiri.

"Pertemuan ini akan rutin dilaksanakan dan juga sebagai evaluasi terhadap kinerja jurnalis warga satu bulan sebelumnya, serta evaluasi dari tulisan yang mereka kirimkan," pungkasnya kembali.


Athlia Anissa
Jurnalis Warga

Related Posts:

0 Response to "Mengembangkan Kapasitas JW Melalui Mentoring Rutin"

Posting Komentar