Warga Seuneubok Rawa Antusias Ikuti Penyuluhan Pencegahan Stunting


Pemerintah Gampong Seuneubok Rawa Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen adakan penyuluhan pencegahan stunting. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk memberikan pemahaman bagi masyarakat terkait pentingnya memperhatikan pertumbuhan anak sejak dini. Hal itu  disampaikan langsung oleh Keuchik Gampong, Ruslan, S.Sos saat pembukaan acara di Meunasah setempat, Rabu 13 November 2019.

"Menjaga anak tumbuh sehat adalah salah satu tugas orang tua dan pemerintah. Dalam hal ini kami pemerintah desa sangat mendukung pemenuhan layanan dasar, terutama untuk kesehatan tahun ini sudah kami anggarkan dana 67 juta lebih sesuai kebutuhan," terang Ruslan.

Camat Peusangan Erri Seprinaldi, SSTP, S.Sos, M.Si dalam sambutannya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk melakukan upaya pencegahan stunting. Menurutnya, dengan pemenuhan pola makan yang sehat generasi akan tumbuh sebagai pribadi yang pintar.

"Mari kita jaga pola makan anak-anak kita dengan baik, tidak harus mahal tetapi makanan yang dikonsumsi harus sehat. Sebagai masyarakat desa harus memanfaatkan potensi yang ada, seperti menanam sayur dan memelihara ternak yang bisa dijadikan makanan pokok untuk dikonsumsi sehari-hari," papar Camat Peusangan.

Hal yang sama turut disampaikan oleh Kepala Puskesmas Cot Iju Kecamatan Peusangan, Mahdi, M.Kes memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pentingnya pencegahan stunting. Menurutnya, "bukrik" atau lamban pertumbuhan anak merupakan akibat dari kurangnya gizi mulai dari usia hamil sampai dengan balita.

"Bukrik adalah kata lain dari stunting dalam bahasa Aceh. Hal ini perlu dicegah mulai dari usia kandungan sampai dengan usia anak dengan menjaga pola makan yang sehat," papar Mahdi

Dalam upaya pencegahan stunting, peran pemerintah desa sangat strategis untuk memfasilitasi segala kebutuhan masyarakat. Hal ini diutarakan oleh Masdiana, SP Pendamping Desa P3MD  Kecamatan Peusangan.

"Pemerintah Desa wajib membiayai fasilitas kesehatan masyarakat terutama dalam upaya pencegahan stunting. Dana desa harus benar-benar dimanfaatkan dengan baik untuk pemenuhan layanan dasar sesuai kebutuhan," tegas Masdiana.

Masyarakat Gampong Seuneubok Rawa sangat antusias mengikuti penyuluhan yang diberikan oleh narasumber terkait. Selain anak-anak, jumlah peserta yang hadir mencapai 100 orang lebih. Ibu hamil dan balita mendapatkan paket makanan tambahan seperti susu, roti dan peralatan bayi. Sementara masyarakat lainnya mendapatkan garam yodium secara gratis setiap kepala keluarga.

JW/Irwandani 

Related Posts:

0 Response to "Warga Seuneubok Rawa Antusias Ikuti Penyuluhan Pencegahan Stunting"

Posting Komentar