Gampong Paya Ru, Lakukan Perbaikan Layanan Dasar Berbasis Kebutuhan Warga

Meski jauh kata sempurna, aparatur gampong Paya Ru kecamatan Juli, kabupaten Bireuen terus berupaya melakukan pembangunan berbasis kebutuhan Warga. Jumlah penduduk di gampong Paya Ru sekitar 633 orang, yang terdiri dari 171 Kartu Keluarga (KK).

Mayoritas warga mengalami kesulitan untuk mendapatkan air bersih, karena umumnya untuk kebutuhan sehari-hari mereka memamfaatkan air di irigasi. Namun tidak semua warga bisa dengan mudah untuk menempuh jarak ke irigasi tersebut, selain itu ada beberapa warga di daerah perbukitan tidak bisa menggali sumur, karena  areanya berbatu.

                                             

Sehingga pada tahun 2014 silam gampong berinisiatif membangun tempat penampungan air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Selanjutnya karena tidak semua juga bisa mengakses air tersebut, pada tahun 2019 gampong Paya Ru memamfaatkan dana desa untuk membuat sumur bor kepada masyarakat, kini semua warga sudah bisa mendapatkan air bersih.

Di gampong Paya Ru juga melakukan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) rutin setiap bulannya, yaitu setiap tanggal 14 diadakan Posyandu balita dan ibu hamil, sedangkan tanggal 16 untuk Lansia.

Sedangkan isu pendidikan masih dalam keadaan berbenah. Masih banyak anak putus sekolah, karena diakibatkan faktor ekonomi. Diharapkan ke depan gampong memiliki solusi untuk hal tersebut.


Penulis : Alma Tiana (JW)

Related Posts:

0 Response to "Gampong Paya Ru, Lakukan Perbaikan Layanan Dasar Berbasis Kebutuhan Warga"

Posting Komentar