Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Kepala DPMG-PKB Bireuen Apresiasi Pembentukan Forum Anak di Gampong Teupin Siron

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMG-PKB) Bireuen, Mawardi SSTP, M.Si didampingi Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA), Ira Safhira, SE, MM menyampaikan apresiasi kepada Gampong Teupin Siron, kecamatan Gandapura, yang telah berinisiatif membentuk wadah aspirasi dan partisipasi bagi anak. Hal itu disampaikan ketika memberikan arahan dan membuka acara secara resmi saat pembentukan forum anak, di Meunasah Gampong setempat. Minggu (28/11/2021).

“Bireuen telah dua kali memenangkan anugerah kabupaten layak anak, dari tahun 2019. Sehingga perlu semua pihak mendukung hal ini, termasuk sampai ke level desa. Gampong Teupin Siron telah melakukan itu, meski tanpa kami suruh”, katanya.

Dirinya juga menjelaskan bahwa forum ini bertujuan sebagai wadah partisipasi anak dalam pembangunan dan pengembangan, wadah aspirasi anak-anak dalam menyampaikan pendapat, tempat berkumpul dan berinteraksi. Forum anak juga merupakan mitra pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan anak di level gampong.

Pada kesempatan yang sama Mukhlis Aminullah selaku Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar (TA PSD) Kabupaten Bireuen, juga menegaskan bahwa anak wajib mengetahui perannya sebagai Pelopor dan Pelapor (2P).

“anak harus mampu mengajak dan membantu lingkungan sekitarnya ke arah perubahan yang lebih berkemajuan, serta aktif menyampaikan pendapat/pandangan ketika mengalami, melihat atau merasakan tidak terpenuhinya hak dan perlindungan anak,” ujar Mukhlis.

Keuchik Gampong Teupin Siron, Sofyan Yahya, menyampaikan bahwa pembentukan forum anak ini bukan sekedar seremonial, tapi akan terus didukung, salah satunya dengan mengalokasi dana desa untuk menjaga keberlanjutan dan pemenuhan hak-hak anak yang maksimal.

“kami akan terus berupaya yang terbaik, dan mohon dampingan dan dukungan dari semua pihak. Sehingga Gampong kami ke depan bisa lebih fokus kepada pemberdayaan, salah satunya yaitu anak,” ungkapnya.

Pembentukan forum anak di Gampong Teupin Siron terselenggara dengan sukses, anak-anak juga antusias. Setelah pembukaan kegiatan, dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Mukhlis Aminullah dan Ira Safhira. Selain sosialisasi gampong layak anak, narasumber juga memaparkan dasar hukum, tujuan, tata cara pemilihan pengurus, rencana kerja/ program ke depan dan hal lainnya mengenai forum anak.

Pemilihan pengurus dilakukan secara demokratis yang dilakukan oleh anak sebagai peserta, dengan sebelumnya mencalonkan beberapa nama diantara mereka, secara otomatis suara terbanyak menjadi ketua. Suara terbanyak diperoleh Luthfi Hidayat (15), dilanjutkan wakil ketua yaitu Sultan Khair Hibri (15) dan sekretaris M. Faizal (15).

Setelah pemilihan struktur, mereka dibagi menjadi empat kelompok, guna menyampaikan program atau kegiatan yang bisa didukung untuk Tahun 2022. Beberapa diantaranya yaitu les Bahasa Arab dan Inggris, taman bermain ramah anak, sanggar tari, pustaka gampong, peralatan olahraga, lapangan futsal atau bola kaki, wisata ke tempat bersejarah, les komputer, kedai boba tea, beasiswa untuk santri yang mondok di dayah/ pesantren, latihan rapai, kolam ikan, dll.

Seusai kegiatan, panitia mengajak anak-anak bermain ke wisata pantai Lapang, kecamatan Gandapura, kabupaten Bireuen. Azra Nabila sebagai salah satu peserta, menyampaikan kegiatan ini sangat asyik dan menarik, karena baru pertama kalinya mereka piknik bersama dengan seluruh anak-anak Gampong Teupin Siron.

“biasanya kami berkumpul semua, hanya pada saat sekolah dan mengaji. Tapi kalau piknik ini baru pertama kali,” ungkapnya dengan penuh semangat.

Kegiatan pembentukan forum anak Gampong Teupin Siron turut didampingi oleh Camat Gandapura, Mirza Fahmi, SSTP, M.Si, dan seluruh perangkat gampong.

 

Penulis : Lidya (Jurnalis Warga Gampong Teupin Siron)

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar