Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


GeRAK Fasilitasi Penyusunan Rencana Pogram DemRes di Bireuen

 

Bireuen-- GeRAK Aceh memfasilitasi FGD penyusunan rencana aksi program Demokrasi Resiliensi (DemRes), dengan lintas komunitas di kabupaten Bireuen, Sabtu (10/4/2020).

Program Officer DemRes Murni M. Nasir mengatakan untuk menjaga ketahanan demokrasi tidak bisa dilakukan sendiri, semuanya harus saling merangkul dan menguatkan.

Demokrasi merupakan pilar yang harus dijaga secara bersama, agar capaian terbesar dalam sejarah Indonesia sejak 1998 tetap lestari di bumi pertiwi. Oleh karena itu, rule of democrazy harus dikawal dan dipelihara dengan baik dalam tiap semangat dan derap Langkah anak bangsa.

Merawat demokrasi, kata Murni M. Nasir, harus dilakukan secara bersama, oleh semua kalangan, baik tua maupun muda. Karena setiap saat selalu berpeluang dikooptasi oleh siapa saja yang tidak ingin demokrasi tumbuh suburs ebagai nilai berbangsa dan bernegara.

“Negara kita yang majemuk, baik oleh susunan kebangsaan, maupun keyakinan beragama, mewajibkan siapa saja untuk menjaga titik waras ketahana demokrasi. Kolaborasi semua pihak menjadi keniscayaan demi Indonesia yang lebih baik,” kata Murni.

Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bireuen Hamdani yang ikut hadir pada FGD tersebut menyebutkan salah satu pihak yang punya kekuatan besar menjaga dan merawat demokrasi adalah media massa.

Apa yang dapat dilakukan oleh media? Hamdani mengatakan melalui pemberitaan yang positif dengan menjunjung tinggi nilai demokrasi, media massa telah membuka jalan pikiran masyarakat dari berbagai kelas sosial.

“keberadaan media bisa membuat kegaduhan di tengah publik, namun juga bisa mendamaikan. Sehingga jurnalis harus memahami dengan baik fungsi media dalam menjaga ketahanan demokrasi.”

Peserta yang hadir dari KIP Bireuen, Bawaslu, PWI, AJI, Daweut Apui/ Jurnalis Warga, Sekolah Anti Korupsi (SAK), GenRe, Rangkang Sastra, Forum Anak Bireuen, Pegiat Sosial, komunitas Gowes, KNPI, dan Karang Taruna. (Yaziz/ Jurnalis Warga Bireuen).

Posting Komentar

0 Komentar