Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


DPMG-PKB Bireuen, Sukses Gelar Jambore Anak 2022

 

Bireuen- Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMG-PKB) Kabupaten Bireuen, menyelenggarakan sejumlah rangkaian kegiatan jambore anak tahun 2022. Kegiatan dilaksanakan di Aula utama Hotel Fajar Bireuen. Sabtu (12/11/2022).

Mengusung tema "Penguatan Karakter Anak untuk Mencerdaskan Generasi Milenial” menghadirkan 83 anak, perwakilan dari sekolah dan gampong, sekaligus melibatkan forum Generasi Berencana (GenRe) dan Forum Anak Bireuen (Fakabir).

Kepala DPMG-PKB Bireuen, Mawardi, SSTP, M.Si, dalam sambutannya, menyampaikan bahwa semua anak adalah penerus bangsa, mereka adalah pewaris negara ini, mereka butuh tempat yang ramah untuk dapat bertumbuh kembang dengan baik.

“mari bersama kita ciptakan lingkungan yang ramah anak, serta menekan terjadinya angka kekerasan terhadap anak dalam bentuk apapun,” ujarnya.

Lebih lanjut ia berharap, agar forum anak juga dilibatkan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), mulai dari gampong, kecamatan bahkan kabupaten.

Kegiatan turut dihadiri oleh Dr. dr. Nova Dian Lestari, istri PJ Bupati Bireuen, yang juga merupakan ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Bireuen.

Dalam arahannya, Dian menyampaikan, bahwa Jambore anak penting dilakukan sebagai bentuk pemenuhan hak anak, khususnya hak partisipasi.

Melalui Jambore anak ini, harapannya anak dapat lebih termotivasi untuk kegiatan secara positif lebih kreatif dan memiliki ide dan gagasan, yang bermanfaat bagi pembangunan daerah.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan yaitu sosialisasi Hak Konvensi Anak (HKA) dan pembentukan Fakabir Tahun 2023.

Sosialisasi HKA menghadirkan narasumber, yaitu Rizki Dasilva (Kepala SDIT Muhammadiyah Bireuen) dan Taufik Riswan (perwakilan UNICEF Aceh).

Selanjutnya, Muhammad Farhan Zamuri, terpilih sebagai ketua Fakabir periode 2023 - 2024.

Dirinya memohon dukungan dan bimbingan dari bunda dan ayah, serta kakak fasilitator forum Fakabir periode sebelumnya.

“saya dan kawan-kawan pengurus Fakabir, nantinya akan berupaya dengan sungguh-sungguh untuk mengembangkan forum ini lebih baik lagi,” ungkapnya.

Dirinya juga menambahkan, akan berupaya memperjuangkan hak anak dan memberikan hak partisipasi bermakna yang masih perlu kita tingkatkan. Bahkan berharap Fakabir menjadi forum anak percontohan tingkat Aceh dan nasional.

Jambore anak ikut menampilkan talenta muda berbakat, dari Fakabir yang menampilkan kemampuan MC 4 bahasa, yaitu Inggris, Arab, Jepang, dan Indonesia.

 

(Ichlassul Amal/ Jurnalis Warga Bireuen)

Posting Komentar

0 Komentar