Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Mahasiwa IAI Almuslim, Antusias Lakukan Pengawasan Partisipatif Jelang Pemilu 2024

 

Bireuen- Sekitar 50 mahasiswa Institut Agama Islam (IAI) Almuslim, mengikuti sosialisasi dan pendidikan bagi mahasiswa menuju Pemilu dan pemilihan serentak Tahun 2024. Bertempat di aula kampus IAI Almuslim, Gampong Paya Lipah, Peusangan, kabupaten Bireuen. Senin. (14/11/2022).

Kegiatan ini diselenggaran oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Bireuen, bekerjasama dengan IAI Almuslim, Bawaslu Bireuen, LSM GeRAK Aceh, Generasi DemRes, Sekolah Anti Korupsi dan Daweut Apui/ Jurnalis Warga Bireuen.

Agusni, SP, M.Si, ketua KIP, menjelaskan tentang Kepemiluan, bahkan memaparkan hambatan dan tantangan yang akan muncul pada Tahun 2024, menurut Presiden RI. Ir. Joko Widodo.

“ada beberapa hal yang berpotensi menjadi hambatan kita di Pemilu, yang akan datang. Diantaranya masalah teknis persiapan pemilu, partisipasi pemilih, transparansi, tata kelola pemilu yang akuntabel, dan masa kampanye,” paparnya.

Maka diharapkan mahasiswa, ikut terlibat melakukan pengawasan partisipatif. Bahkan bisa mengajukan diri sebagai calon pemimpin daerah ke depan, salah satunya calon legislatif.

Selain itu, Wildan E Zacky, ketua Bawaslu, ikut mengajak mahasiwa menolak politik uang, tidak mudah terpovokasi, dan menjalankan peran mahasiswa sebagaimana mestinya.

“kita perlu melakukan pengawasan, agar terciptanya pemilu yang bersih. Bahkan, jangan mau dibodohi dengan politik uang. Satu suara kalian, menentukan nasib bangsa ke depan,” tegasnya kemudian.

Selain KIP dan Bawaslu, ada beberapa narasumber yang ikut memberikan materi, yaitu Chandra Riski (Generasi DemRes), dan Rahman Efendi (Daweut Apui). Mereka memaparkan tentang membangun budaya berfikir kritis dan cara menangkal hoax jelang Pemilu 2024.

Kegiatan yang diselenggarakan KIP Bireuen ini, berkolaborasi dengan Bawaslu Bireuen, LSM GeRAK Aceh, Sekolah Anti Korupsi (SAK), Daweut Apui/ Jurnalis Warga Bireuen, dan Generasi DemRes. Serta didukung oleh IAI Almuslim Paya Lipah.

[Fakhrurrazi/ Jurnalis Warga Bireuen]

Posting Komentar

0 Komentar