Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Disabilitas di Bireuen, Sampaikan Aspirasi untuk Mendorong Pemilu Inklusi

 


KabarJW- Teman tuli Bireuen mengeluh, jika selama pesta demokrasi, mereka tidak pernah diberikan informasi tentang kepemiluan. Sehingga pada saat berada di Tempat Pemungutan Suara (TPS), mereka mengalami kebingungan.

Safira, selaku perwakilan teman tuli, berharap penyelengga pemilu, partai, maupun penegak hukum, ikut mengajak disabilitas tuli dalam melakukan sosialisasi kepemiluan.

“bisa dikatakan kami mengetahui sedikit banyaknya tentang Pemilu, saat ada program DemRes yang dijalankan oleh GeRAK Aceh. Selebihnya kami hanya menonton di Televisi atau Handphone, itu pun terbatas dan tidak bisa bertanya”, ujarnya saat diwawancarai tim KabarJW, usai kegiatan Rapat Koordinasi mendorong Pemilu Iklusi.

LSM GeRAK Aceh bekerjasama dengan KIP dan Panwaslih Bireuen, melakukan pertemuan untuk menampung keluhan dan aspirasi dari kelompok marjinal, salah satunya disabilitas. Pada saat kegiatan panitia juga menghadirkan Mawardy sebagai Juru Bahasa Isyarat (JBI) bagi teman tuli. Kegiatan dilakukan di Aula KIP Bireuen. Kamis (31/8/ 2023).

Yulidar, koordinator Himpunan Penyandang Disabilitas Indonesia (HWDI) wilayah Bireuen, juga mengungkapkan keluhan mereka selama ini. Diantaranya Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang belum ramah disabilitas, dan bahkan mengalami diskriminasi untuk menggunakan hak pilihnya.

Saiful Hadi, Ketua KIP BIreuen, mengakui bahwa dirinya belum menemukan formula yang tepat, untuk sosialisasi kepada disabilitas tuli. Tapi mereka akan berupaya agar persoalan ini bisa segera ditangani.

“kita akan diskusikan kembali, agar bisa melakukan pendekatan yang berbeda dan mudah dimengerti oleh disabilitas tuli. Sedangkan untuk aksesibilitas disabilitas, itu sudah ada undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 mengenai pengaturan lokasi TPS yang mudah dijangkau oleh disabilitas”, urai Saiful.

Dirinya juga akan berkolaborasi dengan lintas pihak, sehingga Pemilu 2024 benar-benar inklusi dan mengakomodir semua kebutuhan warga dengan lebih maksimal.

[Muhammad Khairul Umam/ Jurnalis Warga Bireuen]


Posting Komentar

0 Komentar