LPK dan BLK Ikuti Bimtek Upgrading Training Need Analysis



Banda Aceh- Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh mengadakan acara Bimtek Upgrading Training Need Analysis untuk Pengelola Pelatihan. Acara ini diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari Balai Latihan Kerja (BLK) Pemerintah dan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Swasta dalam wilayah Provinsi Aceh.  Pelatihan ini dilaksanakan dari 05- 09 Agustus 2019.

Samsul  selaku ketua panitia  mengatakan tujuan  dari kegitan ini adalah memberikan pemahaman  akan tatacara menentukan kebutuhan pelatihan kerja dan tindak lanjutnya. Sehingga tenaga kerja yang disiapkan bisa terserap  di pasar kerja atau menjadi wirausaha nantinya

“Pelatihan ini dianggap penting karena merupakan suatu terobosan untuk menghadapi  tantangan ketenagakerjaan saat ini dan kedepan yang akan semakin rumit dan komplek.  Sehingga acara ini sangat penting diselenggarakan dan diikuti oleh Lembaga Pelatihan Kerja. Narasumber yang memang ahli dalam menganalisa kebutuhan pelatihan kerja di Aceh. Jadi tidak ada lagi kebutuhan kerja yang tidak sesuai di saat melakukan pelatihan nantinya.” Pungkasnya kembali.

Samsul juga menambahkan pelatihan kerja merupakan sebuah solusi  yang dapat ditempuh media untuk pengimplemetasikan link and match antara tenaga kerja dan dunia kerja atau pengguna dilakukan ecara sitematis  dari berbagai element. Sehingga program kerja dapat mencapai sasaran yang efektif dan efisien.

Hanan Fakhrizal dalam kata sambutannya mengatakan “Dalam setahun terakhir, pengangguran di Aceh berkurang 18 ribu orang sejalan dengan TPT yang turun 5, 35% pada Februari 2018. Hal ini bukan berarti kerja kita sudah selesai. Masih teramat banyak tatangan kedepan untuk membenahi keadaan ketenagakerjaan Aceh”

Dalam kesempatan ini ia juga menyampaikan perlunya kesepahaman semua pihak untuk bekerjasama dan bertanggungjawab dalam menyiapkan putra-putri Aceh  untuk dapat bersaing dengan tenaga kerja lokal maupun asing. Hal ini dilakukan  untuk menggapai peluang kerja dan penciptaan kesempatan kerja menjadi wirausaha mandiri menjadi tantangan yang harus dihadapi.


Syafiani/ Jurnalis Warga

Related Posts:

1 Response to "LPK dan BLK Ikuti Bimtek Upgrading Training Need Analysis"