Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


ANBK akan dilaksanakan Serentak, SMP IT Muhammadiyah Bireuen Lakukan Pra-Simulasi

 

Bireuen- Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Muhammadiyah Bireuen (SMP IT MuhBir) melaksanakan kegiatan pra-simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2021, dengan tujuan menunjang kemampuan siswa ketika simulasi serentak dilaksanakan pada 02 September mendatang ini.

Almizan, S. Sos. selaku koordinator SMP IT MuhBir mengatakan bahwa kegiatan pra-simulasi ini kita lakukan untuk melatih siswa dalam proses login serta mempejari bentuk-bentuk soal yang akan dijawab nantinya, Selasa (24/08/21).

“Kegiatan ini diikuti kurang lebih 60 siswa dengan tiga sesi atau tahap, mulai dari kelas VIII hingga kelas IX sesuai intruksi dari pusat.” Ungkap Mizan.

Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar.

“Dalam ANBK ini ada 2 (dua) bagian yang wajib dijawab oleh peserta yaitu tentang AKM literasi dan numerisi (matematika) dengan waktu 60 menit perbagiannya. Untuk ANBK kali ini kita masih menggunakan semi on-line UNBK sehingga soal dan hasil ujian dikirim melalui jaringan internet (sikronisasi).” Jelasnya kembali.

Ia juga menambahakan bahwa bentuk soal Asesmen Nasional ada beberapa bentuk, seperti, pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat, serta uraian.

“Semoga dengan adanya pra-simulasi ini dilaksanakan, siswa mampu menguasai dan tidak meraba-raba dalam mengikuti ANBK yang akan diadakan oleh pihak kemendikbud dan persiapan untuk mengikuti AN secara serentak oleh pemerintah” tutur Mizan dengan penuh harap.



Penulis : Nurul Izzati (Jurnalis Warga)

Posting Komentar

0 Komentar