Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Berhasil Turunkan Angka Stunting, Bireuen Dapat Penghargaan dari Kemendagri

 

KabarJW, Bireuen-- Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah,Rabu (6/7/2022) melaksanakan Workshop Penguatan dan Pelaksanaan Percepatan Penurunan Stunting, dan Pemberian Penghargaan Atas Penilaian Kinerja 8 Aksi Konvergensi Penurunan Stunting di Regional I. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gammara Hotel, Makassar, Sulawesi Selatan.

Kabupaten Bireuen sebagai salah satu dari kabupaten/kota lokus penurunan stunting di Aceh mendapatkan piagam penghargaan sebagai Kabupaten/kota Terbaik Peringkat 2 Se- Provinsi Aceh Pada Penilaian Kinerja 8 Aksi Konvergensi  penurunan stunting Tahun 2021.

Piagam Penghargaan diserahkan oleh R. Budiono Subambang, S.T., M..PM, selaku Direktur SUPD III Direktorat Jenderal Bangda Kemendagri. Penghargaan itu diterima Sekretaris Daerah Kabupaten Bireuen selaku ketua TPPS, Ir. Ibrahim Ahmad,M.Si, yang didampingi oleh Irmawati selaku Sekretaris Bappeda Kabupaten Bireuen.

Penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi dan pengakuan Pemerintah Pusat terhadap keberhasilan Pemerintah Kabupaten Bireuen yang mampu menekan angka prevalensi stunting menjadi 24,3 Persen pada tahun 2021, dari 32,88 persen pada tahun 2019 menurut hasil SSGI.

Artinya, Kabupaten Bireuen mampu menekan angka prevalensi stunting sebesar 8.58 persen dalam kurun waktu tahun 2019 sampai tahun 2021. Angka prevalensi stunting Kabupaten Bireuen merupakan urutan ketiga terendah di Provinsi Aceh setelah Kota Banda Aceh (23,4 persen) dan Sabang (23,8 persen).

“Kabupaten Bireuen sehubungan dengan kewajiban Kabupaten Bireuen sebagai lokasi fokus dalam percepatan penurunan stunting untuk melakukan pemenuhan delapan aksi konvergensi stunting. Saat ini Pemerintah Kabupaten Bireuen juga terus melakukan aksi, inovasi, monitoring dan evaluasi hingga ke tingkat gampong yang langsung didampingi oleh para pengambil kebijakan dan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Bireuen,” terang Ibrahim Ahmad.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bireuen Dr. Muzakkar A. Gani, S.H., M.Si, dan semua stake holder terkait, terutama OPD penanggung  jawab layanan yang telah berpartisipasi aktif. [Release]

Posting Komentar

0 Komentar