Cakupan Vaksinasi Covid-19 di Peusangan Masih Rendah

 


Peusangan-  Muspika Kecamatan Peusangan lakukan pertemuan lintas sektor triwulan wilayah kerja Puskemas Peusangan, kegiatan tersebut diselenggarakan di Balai Pembangunan Desa Kantor Kecamatan setempat. Selasa. (31/8/2021).

Kegiatan pertemuan lintas sektor, merupakan rangkaian evaluasi permasalahan kesehatan masyarakat dalam upaya mengambil kebijakan perbaikan pelayanan kesehatan masyarakat.

Pertemuan lintas sektor kali ini khusus membahas terkait capaian persentase vaksinasi Covid-19 wilayah kerja Puskesmas Peusangan mencakup 35 Gampong.

Berdasarkan data yang disampaikan M. Nazar selaku Kepala Puskesmas Peusangan, jumlah sasaran vaksinasi di wilayah kerjanya untuk Tahun 2021 yaitu sebanyak, 24.777 yang terdiri dari, Nakes 233, Masyarakat Umum 15.055, Publik 2.942, Lansia 3.133, Tenaga Pendidik 1. 183, Remaja, 2.231 dan kedepannya  akan dilakukan vaksinasi dengan sasaran ibu Hamil sebanyak 233.

“dari 24.777 yang menjadi target vaksinasi yang kita rencanakan, baru tercapai sebanyak 1.756 untuk Vaksinasi Dosis pertama dengan persentase sebesar 7 persen, ini menujukkan masih rendahnya persentasi vaksinasi yang kita laksanakan sampai saat ini,” ujar M. Nazar.

Dirinya juga menambahkan beberapa kendala dan tantangan, yang dialami saat vaksinasi yaitu masih banyak masyarakat yang tidak mau di vaksin, masih terdapat desa yang belum dilakukan vaksin dan juga stok vaksin yang terkadang tidak tersedia di Dinas Kesehatan Bireuen.

Maka melalui pertemuan lintas sektor kali ini berkomitmen, untuk pencapaian target vasinasi hingga mencapai minimal 85 persen, sampai dengan kuartal ketiga tahun 2021.

“agar terpenuhinya target tersebut, maka kami bersama Muspikan akan ke gampong-gampong untuk sosialisasi,” ujar Kapus Peusangan dengan penuh semangat.

Pada Kesempatan yang sama Ibrahim, S. Sos, selaku Camat Peusangan juga menghimbau kepada para Keuchik agar dapat terus memberikan informasi-informasi yang benar kepada masyarakat terkait vaksinasi Covid-19.

“aparatur  beserta Satgas Covid di gampong harus bisa menghalau informasi hoax (bohong) yang beredar dikalangan masyarakat, termasuk semua harus vaksin. Sehingga masyarakat bisa percaya dan segera melakukan vaksin,” ujarnya mengakhiri pembicaraan.

Rangkaian kegiatan pertemuan lintas sektor tersebut, diakhiri dengan pemberian modul ibu hamil kepada Gampong, yang telah berhasil memberikan perhatiannya untuk program ibu hamil.


 

Penulis : Rahmadsyah Harahap (Jurnalis Warga)

Related Posts:

0 Response to "Cakupan Vaksinasi Covid-19 di Peusangan Masih Rendah"

Posting Komentar