Gampong Alue Glumpang, Lokus Penangangan Stunting di Kabupaten Bireuen

 


Peusangan - Tim Pembinaan dan Penilaian Gampong Lokus Stunting Kabupaten Bireuen berkunjung ke Desa Alue Glumpang pada Selasa, (23/8/2021).

Tim Pembinaan dan Penilaian dari Kabupaten Bireuen tergabung dari sembilan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) yang telah dibentuk Pemerintah, guna menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing dalam rangka penurunan angka kasus stunting di Kabupaten Bireuen.

Pada kesempatan ini Tim yang diketuai oleh Sekretaris Bapeda Kabupaten Bireuen. Irmawati, SP, mengatakan bahwa di Bireuen terdapat 63 Gampong yang menjadi Lokus penanganan masalah stunting.

"Karena kondisi pandemi Covid-19, yang mengharuskan adanya rekofusing anggaran, maka kegiatan penanganan stunting ini dilakukan secara bertahap. Pada tahun 2020 terdapat 10 Gampong, termasuk Gampong Alue Glumpang, Kecamatan Peusangan yang menjadi target kita dalam penurunan angka kasus stunting, dan pada tahun 2021 masih 10 Gampong, pada tahun 2022 direncanakan 25 Gampong", jelasnya.

Irmawati, juga menyampaikan bahwa secara khusus adanya intervensi dalam penanganan stunting, melibatkan 9 OPD di Kabupaten Bireuen dengan Indikator dan modul masing-masing yang harus dilakukan, yang sudah direncanakan sejak pelaksanaan Musrenbang untuk memastikan semua OPD yang terlibat memasukkan anggarannya pada program pencegahan penurunan angka stunting".

Pemerintah Gampong Alue Glumpang melalui Keuchiek Mustafa mengatakan, Program Pencegahan dan Penurunan Angka kasus stunting di desanya sudah dijalankan pada tahun 2020.

" Kami sudah berkomitmen menurunkan angka stunting sampai angka 0, dan kita juga sudah menganggarkan anggaran di APBG sebesar Rp92 juta dibidang kesehatan, dengan fokus kepada perbaikan gizi dan juga pembangunan fasilitas MCK warga". Ujarnya.

Kegiatan Pembinaan dan Penilaian Gampong Lokus Stunting di Gampong Alue Glumpang, dirangkai dengan kegiatan Posyandu Anak, dan masyarakat terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan ini.

 

Penulis : Rahmadsyah Harahap  (Jurnalis Warga)

 

Related Posts:

0 Response to "Gampong Alue Glumpang, Lokus Penangangan Stunting di Kabupaten Bireuen "

Posting Komentar