Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Bawaslu Bireuen Rangkul Insan Pers, Cegah Hoax Jelang Pemilu 2024

 

Bireuen- Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Kabupaten Bireuen, lakukan Media Working Group yang bertemakan “Peran Media Dalam Menangkal Hoax Pada Pemilu Serentak 2024”. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Graha Buana Bireuen. Jumat (07/10/2022).

Wildan Zacky E, ketua Bawaslu Bireuen selaku narasumber, menyampaikan pentingnya menggandeng pegiat media sosial sebagai pemberi informasi yang cepat kepada masyarakat. Kita harus mematikan informasi yang kita sebar, jelas dasar dan sumbernya.

Pasalnya, mayoritas masyarakat sudah memiliki smartphone, memudahkan masyarakat mengakses informasi, khususnya berita-berita penting terhadap Pemilu kedepan.

“Pegiat medsos dapat berperan memberikan informasi yang benar, serta ikut berpartisipasi melakukan pengawasan dan menangkal berita-berita hoax,” ujar Wildan.

Dirinya menambahkan jika Bawaslu berharap kedepan, terbangunnya kerjasama yang baik dengan awak media. Karena, semua informasi positif yang akurat, itu tidak akan sampai ke kalangan masyarakat secara langsung, tanpa peran media, baik media professional maupun jurnalis warga.

“akan ada banyak informasi ke depan yang akan digiring, baik dengan menyebarkan informasi Hoax, SARA, dan lain sebagainya. Maka diperlukan kecerdasan dari masyarakat dan pengguna media, untuk mampu menangkal hal tersebut,” tambahnya kemudian.

Harapannya dengan semakin banyaknya elemen yang terlibat dalam pengawasan Pemilu kedepan, akan terciptanya proses demokratisasi yang baik, sehat dan tercipta suasana yang kondusif.

Dalam acara ini dihadiri oleh insan pers yang ada di kabupaten Bireuen, baik dari PWI, AJI, SWI dan Komunitas Daweut Apui/ Jurnalis warga.

[Muhammad Dian/ Jurnalis Warga Bireuen]

Posting Komentar

0 Komentar