Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Jelang Pemilu 2024, KIP Bireuen Gelar Sosialisasi Pemilu di SMKN 1 Bireuen.

 

Komisi Independen Pemilihan (KIP) berkolaborasi dengan LSM GeRAK Aceh, Bawaslu Bireuen dan Koalisi Muda Demokrasi Resiliensi (SAK, Generasi DemRes dan Daweut Apui), melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih pemula menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di SMK Negeri 1 Bireuen. Selasa (15/11/2022).

Amiruddin, SE, Anggota KIP Bireuen, menjelaskan tentang kepemiluan, agar para siswa yang akan menjadi pemilih pemula, dapat berpartisipasi pada Pemilu 2024 mendatang.

"kalian harus turut andil dalam Pemilu, bisa menjadi pemilih ataupun peserta. Sebagai pemilih, pastikan, kalian harus terdaftar dalam DPT," ujarnya.

Abdullah Yunus, Anggota Panwaslih Bireuen, dalam pemaparannya mengatakan bahwa, sebagai pemilih harus menggunakan hak pilih dalam pesta demokrasi.

"datang ke TPS adalah hak bukan kewajiban, tapi sebagai pemilih kita harus menggunakan hak pilih untuk menentukan pemimpin masa depan," tegasnya.

Halimatul Sakdiah, selaku ketua panitia, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai hak pilih bagi para siswa, dan mewujudkan budaya demokrasi yang baik.

"kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan wawasan mereka mengenai pemilih pemula. Menjadi pemilih yang cerdas, dan dapat berpikir kritis. Selain itu jika mendapatkan informasi harus saring, sebelum sharing. Karena jelang Pemilu 2024, hoax akan berseliweran disekitar kita," paparnya kemudian.

Sosialisasi ini diikuti oleh 49 siswa, yang akan menjadi pemilih pemula Tahun 2024 mendatang.

Pada kesempatan tersebut juga diisi oleh dua narasumber lainnya, yaitu Fakhrurazi, S.Pd (Daweut Apui) dan Muzakkir, S.Pd (Generasi DemRes).

[Rahman Efendi/ Jurnalis Warga Bireuen]

Posting Komentar

0 Komentar