Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Puluhan Mahasiswa Fisipol Umuslim, Ikuti Sosialisasi Kepemiluan

Bireuen- Komisi Independen Pemilihan (KIP) Bireuen, melakukan sosialisasi dan pendidikan bagi mahasiswa menuju Pemilu dan pemilihan serentak Tahun 2024. Kegiatan diselenggarakan di Aula Seminar Ampon Chiek Peusangan, Kabupaten Bireuen. Kamis (17/11/2022)

Kegiatan ini diikuti oleh 60 peserta, yang terdiri dari mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIPOL) Umuslim. Mereka adalah pemilih pemula di Tahun 2024 mendatang.

Agusni, SP., M,Si, ketua KIP Bireuen, memaparkan detail tentang kepemiluan, dan mengajak mahasiswa yang didapuk sebagai agent of change, harus mampu memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah. Bahkan sebagai kaum intelek, turut berupaya menjaga ketahanan demokrasi.

“kalian adalah penerus bangsa, satu suara kalian sangatlah bermakna. Saat ini kalian bukan sekedar penonton, tapi juga sebagai aktor perubahan,” ujarnya.

Selain itu, Agusni, juga mewanti-wanti, yang sudah berhak memilih di Tahun 2024, maka harus dipastikan terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“kalau sudah 17 tahun, ataupun sudah menikah, maka pastikan nama kalian sudah terdaftar. Paling penting, jangan sampai Golput”, tegasnya kemudian.

Selain KIP, ada beberapa narasumber yang ikut memberikan pemaparannya, yaitu Dr. Edy Putra Kelana (FISIP Umuslim), Ichlassul Amal (LSM GeRAK Aceh), dan Mawardy (Generasi DemRes).

Mereka membawakan materi tentang pengawasan partisipatif, budaya berfikir kritis dan cara menangkal hoax menjelang Pemilu 2024.

Rahmad, S.Sos, MAP, Dekan FISIP Umuslim, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, yang telah berkolaborasi untuk memberikan pendidikan kepemiluan kepada mahasiswa Umuslim.

“sebagai calon pemilih pemula, mereka harus dibina dari sekarang. Maka tugas kita bersama untuk mendampingi mereka, agar memiliki kemampuan dan menjalankan peran sebagai mahasiswa semaksimal mungkin,” ujarnya.

Bahkan dirinya dan pihak kampus, menyatakan selalu siap berkolaborasi dengan siapapun, sehingga memberikan dampak positif bagi Umuslim dan mahasiswanya.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh KIP Bireuen, berkolaborasi dengan Bawaslu Bireuen, LSM GeRAK Aceh, Sekolah Anti Korupsi (SAK), Daweut Apui/ Jurnalis Warga Bireuen, dan Generasi DemRes. Serta didukung oleh FISIPOL Umuslim.

[Nurulyana/ Jurnalis Warga Bireuen]

 


Posting Komentar

0 Komentar