Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Cegah Kasus Perceraian, KUA Samalanga Lakukan Inovasi Bimwin Mandiri

 

KabarJW- Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan (Bimwin), selama ini yang dilakukan di Kantor Urusan Agama (KUA) merupakan program Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia.

Berdasarkan Keputusan Dirjen Bimas Islam Tahun 2023 tentang Petunjuk Teknis Bimbingan Perkawinan Bagi Calon Pengantin, hal ini merupakan upaya menekan kasus perceraian.

KUA Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen di tahun 2023 memprogramkan Bimwin Mandiri, yang dilasanakan secara kelompok dan terjadwal.

Zulfitri, M. Sos, Kepala KUA Kecamatan Samalanga, menjelaskan tujuan pelaksanaan Bimwin bagi Calon Pengantin (Catin) adalah memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada Catin, agar lebih siap baik mental maupun psikis. Jumat (20/01/2023)

Lelaki yang akrab disapa Waled Zul, mengaku Bimwin yang dilakukan selama ini, kurang efektif dan efesien. Baik dari segi waktu, materi maupun tenaga.

“selama ini kita lakukan Bimwin secara face to face, artinya ketika mereka sudah mendaftar, maka penghulu atau penyuluh menyampaikan bimbingan selama 15 hingga 20 menit,”ujar beliau.

Waktu yang sesingkat itu kurang efektif, karena cakupan materinya sangat luas.

Materi meliputi aspek psikologi pernikahan, menyiapkan generasi berkualitas, mengelola keuangan keluarga, hingga tantangan menghadapi dinamika keluarga.

Selain itu dari pihak KUA Samalanga mengaku turut kewalahan dalam penyampaian materi, megingat setiap hari harus menyampaikan hal yang sama kepada Catin yang berbeda.

Termasuk beberapa materi yang tidak dikuasai oleh penyuluh atau penghulu, diantaranya tentang kesehatan reproduksi

Maka di Tahun 2023, KUA Samalanga melakukan satu inovasi.

Pada Kamis, 19 Januari 2023,  KUA Samalanga melakukan perjanjian kerjasama dengan Puskesmas Samalanga, khususnya untuk bimbingan tentang kesehatan reproduksi bagi Catin.

dr. Mohd Fiyrza Putra Phonna Kurniawan, Kepala UPTD Puskesmas Samalanga, usai penandatangan kerjasama di aula Puskesmas setempat, menyambut baik kerjasama yang diinisiasi pihak KUA.

“Kami sangat mengapresiasi terhadapa inovasi yang dilakukan oleh pihak KUA Samalanga, kami akan berupaya semaksimal mungkin, guna meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan pada Catin,” ujarnya antusias.

Dirinya juga menambahkan, pihak Puskesmas juga akan membatu meningkatkan pengetahuan Catin terhadap pencegahan kelahiran anak stunting.

Lebih lanjut Mohd Fiyrza ,menjelaskan melalui program Bimwin mandiri diharapkan mampu menjadikan Puskesmas dan KUA sebagai sarana pembinaan, promosi kesehatan, konseling, pendidikan keterampilan hidup bersih dan sehat, pelayanan kesehatan serta rujukan bagi masyarakat.

Program Bimwin Mandiri akan dijadwalkan dua kali dalam sebulan.

Catin dapat mendaftar sebagai peserta Bimwin kepada petugas KUA pada hari dan jam kerja.

Bimwin Mandiri Perdana, dilasanakan pada Selasa, 31 Januari 2023 bertempat di KUA Kecamatan Samalanga.

[Syahrati/ Jurnalis Warga Bireuen]


Posting Komentar

0 Komentar