Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Galang Donasi Online, Penderita Kaki Gajah Gampong Kapa Dapat Sepeda

 


KabarJW - Komunitas Jurnalis Warga Kabupaten Bireuen, Daweut Apui, didampingi aparatur gampong, menyerahkan satu unit sepeda Phoenix Mini kepada Ruhamah (65), penderita kaki gajah (filariasis), warga Gampong Kapa, Kecamatan Peusangan, Rabu (24/01/23).

Selain sepeda, komunitas Daweut Apui juga menyerahkan sembako berupa beras, minyak goreng, dan telur kepada Ruhamah di kediamannya.

Semua bantuan tersebut merupakan donasi dari pengguna Media Sosial (Medsos), yang sebelumnya diinisiasi Tim Daweut Apui, yang dibagikan di laman Medsos sejak sejak 18 hingga 23 Mei 2023 lalu.

Chandra, selaku perwakilan komunitas Daweut Apui mengatakan, penyerahan sepeda kepada Ruhamah, guna merespon keinginannya yang sudah ia sampaikan sebelumnya kepada tim Daweut Apui pada 20 Januari 2023 lalu.

“tim kami sebelumnya sudah menuliskan berita tentang ibu Ruhamah, tapi tidak ada satu pun yang merespon. Sehingga kami berinisiatif melakukan penggalangan dana, untuk membelikan sepeda kepada beliau," ujarnya.

Setelah donasi terkumpul, kata Candra, tim Daweut Apui langsung membelikan sepeda dan menyerahkannya kepada Ruhamah.

Ruhamah terdiam sejenak, binar matanya menahan haru.

“terimakasih, saya tidak akan mampu membalas kebaikan kalian semua, hanya Allah yang mampu membalasnya.” ujar Ruhamah sembari menyeka air mata dengan ujung jelbabnya.

Kemudian, dalam perbincangan hangat yang singkat, Ruhamah turut menceritakan kondisi kesehatannya.

“belakangan saya sering demam, dan batuk. Sehingga harus lebih menjaga makanan. Dan sekujur tubuh saya pun sakit semua,” cerita Ruhamah dengan suara sedu.

Ia juga mengaku tidak berobat, karena tidak punya uang untuk membelinya.

Keuchik Gampong Kapa yang mendengar langsung keluhan Ruhamah, berjanji akan membawakan obat untuknya.

Efendi, S.Pd., M.Pd, selaku keuchik gampong setempat merasa senang dan terharu. ”Tadi malam, ketika saya diberikan informasi, bahwa akan diberikan sepeda dan sembako untuk nek Ruhamah, saya merasa terharu. Bahwa rasa kepedulian kita masih sangat besar terhadap sesama,” sebutnya.

Selain itu, Keuchik yang juga berprofesi sebagai dosen di Universitas Almuslim (Umuslim) itu, juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada semua pihak yang telah membantu memfasilitasi keinginan dan kebutuhan salah satu warganya.

“Terima kasih banyak kami ucapkan kepada para donatur yang telah membantu salah satu warga kami. Semoga Allah membalas kebaikannya,” pungkas Efendi, yang akrab disapa Pak Pen itu.

Adapun masyarakat yang turut memberikan donasi kepada Ruhamah yaitu, dari hamba Allah (DS) senilai Rp 100.000, hamba Allah (S) Rp 300.000, hamba Allah (IW) Rp 100.000, hamba Allah (MY) Rp 50.000, hamba Allah (NZ) Rp 50.000, hamba Allah (MI) Rp 100.000, dan hamba Allah (HM) Rp 1.000.000. Total donasi yang terkumpul sejumlah Rp 1.700.000.

Donasi tersebut digunakan membeli sepeda Phoenix Mini seharga Rp 1.550.000. Kemudian, beras Rp 85.000, minyak goreng Rp 15.000, dan telur Rp 50.000.

[Penulis : Rahman Efendi/ Jurnalis Warga Bireuen]


Posting Komentar

0 Komentar