Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Warga Geulumpang Payong Harapkan Adanya Polindes di Gampong

 

Ket: Aktivitas Posyandu dilakukan diruang serba guna

KabarJW- Masyarakat Gampong Geulumpang Payong, Kecamatan Jeumpa, harapkan adanya Polindes di gampong tersebut. Selama ini, untuk mendapatkan layanan kesehatan dasar, mereka harus ke Puskesmas dengan jarak sekitar empat kilometer.

Diana Fitri (25), salah satu warga, berharap pelayanan kesehatan pada prinsipnya adalah mudah, murah, dan dekat. Sedangkan saat ini, kondisi tersebut belum berlaku di gampong mereka.

“Kasian bagi masyarakat, yang jaraknya jauh dan tidak punya akses. Kondisi kami berbeda-beda, jika sifatnya darurat, maka aksesnya lumayan jauh. Semoga persoalan ini segera ada solusi.” Ujarnya.

Tidak sekedar masyarakat, aparatur gampong juga mengeluhkan hal serupa, saat kegiatan "Duek Pakat Gampong" yang dilakukan oleh Komunitas Daweut Apui/ Jurnalis Warga Bireuen. Selasa (24/4/2024) di ruang serba guna gampong setempat.

Sedangkan Geuchik Desa Geulumpang Payong, Asri, turut mempertegas bahwa gampong mereka sangat memerlukan Polindes. Hal tersebut dikarenakan, gampong mereka luas, bahkan dengan jumlah penduduk 2.735 jiwa dan 720 KK.

Selanjutnya, tim KabarJW menghubungi pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bireuen. Tanggapan dr. Irwan Agani, selaku Kadinkes, mengatakan seharusnya pembangunan Polindes juga bisa diupayakan menggunakan dana desa.

"Saat ini belum tersedia menu dari Kementrian Kesehatan, jika nanti sudah ada menu, kami akan segera mengusulkan untuk gampong Geulumpang Payong, dengan catatan tersedianya tanah sesuai dengan syarat yang telah ditentukan." Ungkapnya.

 

Penulis: M. Yaziz/ Jurnalis Warga Bireuen


Posting Komentar

0 Komentar