Kelompok Tani Cot Rabo Baroh Ciptakan Produk Racun Hama

Kelompok Tani Gampong Cot Rabo Baroh Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen ciptakan peptisida pengendalian hama. Produk tersebut adalah hasil dari penyuluhan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Aceh selama 12 pertemuan sejak 3 Juli-18 September 2019. Penyuluhan yang berlangsung setiap Rabu diikuti 20 petani di gampong setempat. Keuchik Gampong, Rishadi merasa beruntung karena masyarakat tani mendapatkan ilmu yang berharga dari hasil penyuluhan tersebut.

"Sangat beruntung karena di Kabupaten Bireuen sepengetahuan saya hanya ada dua desa yang diberikan penyuluhan oleh Dinas Pertanian Aceh, salah satunya adalah gampong kita. Masyarakat tani mendapatkan banyak pengetahuan tentang tehnik pengendalian hama serta cara membuat racun hama," ungkap Rishadi kepada jurnalis warga (19/9/2019).

Hal serupa turut disampaikan oleh Mukhlis, salah satu ketua kolompok tani yang ikut kegiatan penyuluhan pengendalian hama. Mukhlis merasa mendapatkan banyak pengetahuan terkait cara merawat tanaman padi dan pencegahan hama serta ilmu lainnya.

"Banyak ilmu yang kami dapatkan dari penyuluhan tersebut, terutama kami diajarkan cara membuat pupuk organik dan racun hama nabati, pengalaman ini dapat kami terapkan bagi kelompok tani di gampong," papar Mukhlis.

Aparatur gampong bersama kelompok tani berencana untuk mengolah peptisida pengendalian hama sebagai produk unggul di Gampong Cot Rabo Baroh. Selain menguntungkan kelompok tani juga menjadi produk penghasilan gampong minim resiko, tutup Rishadi.

Related Posts:

0 Response to "Kelompok Tani Cot Rabo Baroh Ciptakan Produk Racun Hama"

Posting Komentar