Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Ombudsman Aceh Pantau Pelayanan Haji 2023

 


KabarJW - Ombudsman selaku lembaga negara pengawas pelayanan publik, kali ini turut melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan ibadah haji tahun 2023.

Tim Ombudsman RI, dan dibantu oleh tim Ombudsman perwakilan Aceh, melakukan pengawasan di dua titik, yaitu di asrama haji Banda Aceh dan di bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, Aceh Besar.

Hal tersebut disampaikan Rezky Septianto, selaku Asisten Ombudsman dari KU VII, pada Kamis (1/6/2023) di Banda Aceh.

Ia mengaku, berdasarkan pemantauan pihaknya, pelayanan ibadah haji di Aceh tahun ini sangat baik.

"Kami melakukan pengawasan terhadap proses pembagian baitul asyi, pembagian pasport, pelayanan kesehatan, pelayanan asrama, pelayanan menuju bandara, dan pelayanan lainnya," ujar Rezky.

Ia merincikan, di asrama, Ombudsman memastikan tempat tidur yang layak bagi jamaah haji. Kemudian, meninjau ketersediaan air bersih, dan juga memastikan lansia ditempatkan di kamar bagian bawah.

"Kami pastikan pelayanan dapur dan restoran juga baik. Selain itu, untuk pelayanan kesehatan juga sangat baik," sebut Asisten Ombudsman dari KU VII ini.

Sementara itu, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Aceh, Dian Rubianty melalui Ilyas Isti selaku Kepala Bidang Pencegahan yang ikut langsung mendampingi tim dari Ombudsman RI menyebutkan, pada tahun ini, terdapat saran perbaikan dari Ombudsman yang telah dilaksanakan oleh pihak penyelenggara ibadah haji 2023.

"Alhamdulillah ada perbaikan dari saran tahun sebelumnya yang dilakukan oleh penyelenggara haji tahun ini, yaitu ketersediaan bus yang memiliki toilet, sehingga memudahkan jamaah ketika berada di dalam bus," sebut Dian.

Pada pelayanan kesehatan, kata Dian, pihaknya juga mengecek obat-obatan, dan memastikan bahwa aman dan tidak ada yang kadaluarsa.

"Mengingat tahun ini merupakan ibadah haji ramah lansia, kita juga mengecek semua proses pelayanan lansia, dan alhamdulillah semua jamaah lansia dilayani dengan baik oleh petugas," lanjut Ilyas.



Tidak hanya itu, pihak Ombudsman juga melakukan pengawasan pelayanan sampai keberangkatan ke bandara. Berdasarkan pemantauan, semua berjalan dengan baik.

"Kami juga ikut mengawasi sampai ke bandara. Jamaah dilayani dengan baik oleh petugas. Tidak ada jamaah yang pegang koper, semua koper jamaah diantar oleh petugas, baik di bagasi maupun yang berada di cabin pesawat," pungkas Ilyas. [Release]


Posting Komentar

0 Komentar