Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Komunitas Daweut Apui Bireuen, Isi Materi Jurnalistik di SMAN 1 Simpang Mamplam

 

KabarJW - Komunitas Daweut Apui atau Jurnalis Warga Kabupaten Bireuen memperkenalkan dunia jurnalistik kepada siswa baru di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Simpang Mamplam, Selasa (18/7/2023).

Kegiatan penyuluhan itu diikuti oleh 95 peserta, terdiri dari 30 siswa dan 65 siswi,  dengan tujuan untuk memberikan pesan dan kesan tentang motivasi menulis serta pentingnya literasi.

Ketua panitia pelaksana kegiatan, Mawardi menjelaskan, tujuan utama Daweut Apui ke sekolah, guna memberikan pemahaman kepada para siswa bahwa betapa pentingnya motivasi dalam menulis dan membaca dalam upaya meningkatkan literasi.

"Kami ingin memberikan inspirasi kepada siswa baru mengenai dunia jurnalistik, dan bagaimana mereka dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan minat membaca serta semangat literasi," ujar pemuda Samalanga yang akrab disapa Ardi.

Dalam penyuluhan ini, Rahman Efendi, anggota komunitas Jurnalis Warga Bireuen, berbagi pengetahuan tentang dasar-dasar jurnalistik, seperti penulisan berita, teknik wawancara dan etika jurnalistik.

“ilmu jurnalistik sangat dibutuhkan bagi siswa. Sebab jurnalistik berperan sangat aktif dalam mempublikasikan segala karya siswa di sekolah dan memberikan informasi dari luar, dengan harapan tetap dijaga independensi dan akurasinya,” ujar Rahman.

Walaupun pada dasarnya keahlian mereka belum sama dengan pers di media profesional, tetapi bakat mereka sudah bisa dikembangkan, dan dilatih dalam kegiatan jurnalistik sekolah.

Rahman turut berbagi pengalaman pribadi menjadi jurnalis warga, termasuk tantangan dan kegembiraan yang dihadapi.

[M. Yaziz]


Posting Komentar

0 Komentar